Fotografi langit malam telah di luar jangkauan semua orang kecuali fotografer profesional paling elit, tetapi sekarang tidak lagi. Berkat kemajuan luar biasa dalam teknologi kamera iPhone, siapa pun dapat mencoba menangkap langit malam dan Bima Sakti menggunakan iPhone dan beberapa alat dan aplikasi tambahan. Mari kita mulai.

Fotografi Bima Sakti untuk iPhone

Secara default, sensor kamera kecil iPhone Anda tidak akan menangkap langit malam seakurat DSLR, tetapi ada cara untuk menghasilkan gambar yang indah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Meskipun Anda tidak dapat mengubah perangkat keras kamera iPhone, Anda dapat meningkatkan perangkat lunak dengan menggunakan aplikasi yang memungkinkan Anda mengontrol kecepatan rana, ISO, dan bukaan kamera.

Spanduk Desktop: Unduh Foto Gemini dan simpan hanya foto bintang dan langit malam terbaik Anda
Spanduk Seluler: Unduh Foto Gemini dan simpan hanya foto bintang dan langit malam terbaik Anda

Cara mengambil foto Bima Sakti dengan Slow Shutter Cam

Slow Shutter Cam adalah aplikasi iPhone premium yang memungkinkan Anda menangkap serangkaian efek kecepatan rana lambat yang sebelumnya hanya tersedia di DSLR. Slow Shutter Cam menampilkan kecepatan rana tak terbatas dan kontrol ISO, pratinjau waktu nyata, dan mode cahaya rendah untuk fotografi langit malam. Aplikasi ini tersedia seharga $1,99 di App Store. Selain aplikasi Slow Shutter Cam, Anda juga memerlukan tripod untuk menjaga iPhone tetap diam saat memotret.

Berikut cara mengabadikan Bima Sakti menggunakan iPhone dan aplikasi Slow Shutter Cam.

  1. Unduh kamera rana lambat

    Buka aplikasi di iPhone Anda dan berikan izin untuk mengakses kamera dan foto Anda.

  2. Pilih lokasi

    Temukan lokasi dengan visibilitas yang baik dan sedikit polusi cahaya untuk mulai memotret. Di belahan bumi utara, waktu terbaik untuk melihat Bima Sakti adalah antara bulan April dan Juli. Dark Sky Finder adalah aplikasi bagus untuk menemukan lokasi pemotretan langit gelap di dekat Anda.

  3. Sesuaikan pengaturan di Kamera Rana Lambat

    Atur mode pemotretan ke Low Light, lalu geser slider Noise Reduction ke High, Shutter Speed ​​ke 25 detik, dan ISO ke 1600.

  4. Pasang iPhone Anda di tripod

    Ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan guncangan kamera untuk eksposur lama.

  5. Setel pengatur waktu kamera

    Ketuk menu di sudut kanan bawah dan atur timer selama 3 detik. Ini akan semakin mengurangi guncangan kamera.

  6. Mengambil foto

    Ketuk tombol rana. Bilah putih akan muncul di sekitar tombol rana untuk menunjukkan kemajuannya. Jangan sentuh kamera sampai Anda selesai.

  7. simpan fotomu

    Di atas tombol rana, Anda akan melihat tiga opsi: Hapus, Edit, dan Simpan. Jika Anda senang dengan foto Anda, ketuk Simpan. Ketuk Hapus untuk menghapus foto Anda dan coba lagi.

Memotret bintang dan Star Trails dengan iPhone Anda

Sejauh ini, kami belum menemukan aplikasi iPhone gratis yang berhasil menangkap bintang atau Star Trails, tetapi Slow Shutter Cam adalah pilihan yang terjangkau dengan harga $1,99. Aplikasi fotografi bintang hebat lainnya adalah NightCap, yang tersedia di App Store seharga $2,99.

Cara memotret bintang dengan NightCap

NightCap adalah aplikasi hebat lainnya yang berspesialisasi dalam fotografi cahaya rendah dan malam. Mode astronomi khusus memudahkan untuk menangkap bintang, cahaya utara, dan jejak cahaya. Rahasia NightCap adalah menggunakan teknologi susun untuk mengambil banyak foto dan kemudian menggabungkannya menjadi satu bidikan yang terekspos sempurna, tidak peduli seberapa redup cahayanya. Untuk mengambil foto bintang dengan iPhone Anda mengikuti petunjuk di bawah ini, Anda memerlukan aplikasi NightCap, yang tersedia seharga $2,99 ​​di App Store, dan tripod untuk memasang ponsel Anda.

  1. Unduh NightCap dan buka di iPhone Anda.
  2. Ketuk ikon bintang di bagian bawah layar Anda dan pilih Mode Bintang.
  3. Untuk mengaktifkan peningkatan cahaya, yang akan meningkatkan jumlah cahaya yang mengenai sensor kamera, ketuk ikon matahari.
  4. Ketuk ikon pengaturan untuk mengatur tingkat eksposur dan pengurangan kebisingan. Atur Peningkatan ISO ke Tinggi.
  5. Pasang iPhone Anda dengan aman ke tripod dan bingkai foto Anda.
  6. Tekan tombol rana. NightCap akan menggunakan self-timer untuk meminimalkan gerakan dan akan menyala selama 15 detik. Aplikasi akan secara otomatis menggunakan pengatur waktu untuk meminimalkan gerakan dan memotret selama sekitar 10 detik.
  7. Foto Anda akan ditambahkan ke perpustakaan foto Anda.

Cara memotret jejak bintang dengan Slow Shutter Cam

Setelah Anda berlatih dengan fotografi langit malam, Anda siap bereksperimen dengan fotografi Star Trails. Menangkap Jejak Bintang mengharuskan Anda membiarkan rana terbuka setidaknya selama 30 detik. Ini adalah waktu yang cukup untuk menangkap pergerakan bintang-bintang atau, lebih tepatnya, pergerakan bumi. Bintang-bintang akan muncul sebagai jalur melengkung di langit, menciptakan gambar yang sangat mencolok.

Siap untuk mencobanya? Inilah cara memotret Star Trails dengan kamera rana lambat Anda.

  1. Unduh Slow Shutter Cam dan buka di iPhone Anda.
  2. Ketuk ikon pengaturan untuk membuka pengaturan kamera.
  3. Atur mode pengambilan Anda ke Jejak Cahaya, atur Sensitivitas Cahaya ke Penuh, dan atur kecepatan rana Anda ke 60 detik. ISO dapat diatur ke Otomatis.
  4. Ketuk ikon menu dan tambahkan pengatur waktu yang disetel ke 3 detik untuk mengurangi guncangan kamera.
  5. Pasang iPhone Anda ke tripod dan bingkai foto Anda.
  6. Ketuk tombol rana dan tunggu hingga kamera selesai merekam pemandangan.
  7. Pilih Hapus, Edit atau Simpan sesuai dengan preferensi Anda.

Cara mengedit foto Star Trails dengan Lightroom untuk iOS

Adobe Lightroom adalah aplikasi pengeditan foto seluler yang gratis untuk diunduh dan digunakan. Ada beberapa pilihan premium yang tersedia dengan harga yang berbeda. Jika Anda menggunakan Adobe Lightroom untuk desktop, paket premium untuk aplikasi disertakan dalam langganan Anda.

Siap untuk mencoba mengedit foto jejak bintang? Berikut adalah metode sederhana menggunakan aplikasi Lightroom.

  1. Unduh Adobe Lightroom dan buka di iPhone Anda.
  2. Unggah foto dengan mengetuk menu pop-up biru yang menampilkan foto dengan tanda + di sebelahnya.
  3. Pilih foto Star Trails yang ingin Anda edit.
  4. Ketuk Cahaya di bagian bawah layar.
  5. Pindahkan penggeser Eksposur ke kanan untuk meningkatkan kecerahan Jejak Bintang Anda.
  6. Geser Kontras ke kanan untuk meningkatkan kontras antara Star Trails dan langit gelap.
  7. Pindahkan penggeser Sorotan ke kanan untuk menambah sorotan di Star Trails.
  8. Ketuk Warna.
  9. Sesuaikan penggeser Temp dan Tint untuk membuat perubahan halus atau drastis pada warna Star Trails Anda.
  10. Jika Anda puas dengan hasilnya, ketuk ikon unggah untuk menyimpan foto Star Trails yang telah diedit ke perpustakaan foto Anda.

Kiat teratas untuk fotografi bintang

Seperti teknik fotografi lainnya, bidikan Milky Way dan Star Trails Anda akan meningkat dengan latihan. Berikut adalah beberapa tip pro untuk membantu Anda mencapainya lebih cepat, apa pun iPhone yang Anda gunakan:

  1. Selalu gunakan tripod. Untuk mengambil foto eksposur lama, Anda harus menjaga kamera setenang mungkin. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan tripod dan self-timer sehingga Anda tidak menyentuh ponsel saat memotret.
  2. Temukan langit yang paling gelap. Polusi cahaya bisa menjadi masalah besar dalam hal memotret langit malam. Aplikasi Dark Sky Finder akan membantu Anda menemukan tempat yang bagus untuk melihat bintang dan memotret langit malam.
  3. Gunakan pengatur waktu atau pemicu. Saat Anda mengambil foto, atur timer otomatis di ponsel Anda atau gunakan pelepas rana jarak jauh untuk menghilangkan guncangan kamera. Lihat panduan ini untuk aksesori kamera iPhone untuk memilih pelepas rana dan tripod terbaik.
  4. Jangan pernah menggunakan zoom digital. IPhone yang lebih baru menyertakan beberapa lensa yang mengubah panjang fokus kamera. Ini adalah alat yang hebat untuk menemukan komposisi yang tepat. Tapi jangan gunakan zoom digital iPhone Anda, yang menggunakan perangkat lunak internal untuk memperbesar pemandangan. Ini akan secara drastis mengurangi kualitas gambar Anda.
  5. Menerapkan pengurangan kebisingan. Fotografi cahaya rendah hampir selalu menimbulkan noise pada gambar Anda, membuatnya tampak berbintik. Anda dapat mengurangi kebisingan dengan Lightroom dengan mengetuk Detail dan menggulir ke bawah ke penggeser Pengurangan Kebisingan.
  6. Jangan bersaing dengan bulan. Ketika berbicara tentang bintang jatuh dan Star Trails, Anda menginginkan malam yang cerah dengan langit yang sangat gelap. Jika bulan tinggi dan cerah, itu akan mengganggu foto bintang Anda. Apakah Anda ingin mengabadikan bulan dalam foto Anda? Kami akan membahasnya di bawah.

Memotret bulan dan langit malam dengan iPhone

iPhone 11 dan model yang lebih baru dilengkapi dengan mode malam khusus yang dapat digunakan bersama dengan lensa kamera sudut lebar dan telefoto iPhone. Lensa ini memiliki sensor besar yang memungkinkan lebih banyak cahaya untuk fotografi malam yang tajam dan jernih.

Cara mengambil foto bulan yang lebih baik dengan Mode Malam

Mode malam di iPhone dirancang untuk bekerja secara otomatis saat kondisi pencahayaan dianggap perlu. Untuk menangkap bulan, gunakan tripod untuk membingkai bidikan Anda dan ikuti petunjuk berikut:

  1. Buka aplikasi kamera iPhone Anda.
  2. Dalam pengaturan cahaya rendah, mode malam akan diaktifkan.
  3. Ketuk ikon bulan di sudut kiri atas layar Anda.
  4. Gunakan penggeser untuk menyesuaikan panjang eksposur Anda. Satu atau dua detik sangat bagus untuk fotografi bulan, tetapi jangan takut untuk bereksperimen.
  5. Gunakan self-timer atau remote shutter untuk mengambil foto Anda.

Siap untuk memulai fotografi malam Anda? Investasikan pada tripod dan beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan, dan bersiaplah untuk menjelajahi dunia iPhoneografi yang menakjubkan setelah gelap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *