PagiBro.com - Kamu pasti mencari mengenai Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal yang bisa kita pantau bersama-sama disini.

Mudah-mudahan separuh dari anda saat ini memang benar-benar lagi mencari-cari Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal , yang mana sepanjang meretakkan masalah saat ini.

Tidak penting khawatir sebab PagiBro.com akan memberikan laporan lengkap menghantam Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal termaktub.

Langsung selalu simak pembicaraan perihal Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal berikut ini.

Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal – Home » Tutorial » Cara Memasang Hardisk di Komputer (Mudah dan Cepat) Cara Memasang Hardisk di Komputer (Mudah dan Cepat)

Jika Anda ingin menambah kapasitas komputer kesayangan Anda, maka Anda perlu mengetahui cara memasang hard disk di komputer tersebut. Memasang hard drive internal juga merupakan opsi yang lebih baik daripada menggunakan hard drive eksternal, yang biasanya lebih lambat dan juga bisa gagal atau hilang.

Cara Menggunakan Hardisk Internal Pc Menjadi Eksternal

Singkatnya, untuk menginstal hard drive internal di komputer Anda, yang harus Anda lakukan adalah memasangnya, menyambungkan kabel, dan memformatnya sehingga siap digunakan. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memasang harddisk, agar tidak terjadi kesalahan kecil yang nantinya bisa berakibat fatal.

Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal Tanpa Ribet

Pada umumnya casing komputer menyediakan tempat khusus untuk memasang hard disk internal berukuran 3,5 inci. Itu disebut tempat pemasangan

. Orientasi dan penempatan kantong dan sangkar akan bervariasi tergantung pada desain casing komputer. Namun, secara default, mereka terletak di bagian bawah bagian depan casing komputer, di dekat kipas.

Selain itu, casing komputer standar biasanya merutekan konektor dari hard drive ke belakang. Sedangkan saat ini banyak kasus yang mendukung pemasangan harddisk dengan konektor mengarah ke samping. Ini dilakukan agar Anda dapat mengatur kabel Anda dengan lebih tepat dengan menyembunyikannya di balik motherboard. Selain itu, ada juga casing yang memungkinkan Anda memasang hard drive di berbagai posisi untuk meningkatkan aliran udara di dalam casing, serta menyederhanakan kabel.

Proses pemasangan harddisk di komputer di lokasi pemasangan bisa jadi sulit dan sedikit membingungkan. Apalagi jika casing komputer membutuhkan penggunaan obeng dan sekrup. Namun kini banyak kasus yang memudahkan pemasangan harddisk tanpa sekrup, karena sudah diganti dengan mekanisme penguncian yang sederhana.

Hdd, жёсткий диск и винчестер

Namun, masing-masing mekanisme tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Pengencang sekrup jauh lebih kuat daripada kancing plastik. Namun, jika Anda tidak sering memindahkan komputer, tombol plastik sudah cukup.

Ini juga memperpanjang umur hard drive dengan menjaganya tetap terpelihara dengan baik dan dingin. Jika Anda memasang lebih dari satu hard drive, pastikan untuk menyisakan ruang di antara setiap hard drive untuk tidak hanya mencegah panas menumpuk di satu tempat, tetapi juga untuk memungkinkan aliran udara di dalam casing untuk memperlancarnya. . Sebagai alternatif, Anda juga dapat memasang hard drive di depan kipas masuk dan ingatlah untuk menggunakan kipas yang berkualitas baik.

Jika hard drive berhasil dipasang di tempatnya, langkah selanjutnya adalah menghubungkannya ke jaringan sistem. Saat ini, hampir semua hard drive terbaru menyertakan antarmuka SATA dalam paket pengirimannya. Kabel SATA memiliki dua konektor yang menghubungkan hard drive ke motherboard.

Setelah itu, Anda juga perlu menghubungkan hard drive ke catu daya. Bentuk konektornya kurang lebih mirip dengan konektor SATA, tetapi sedikit lebih lebar. Sambungkan konektor dengan hati-hati ke hard drive dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Jika Anda tidak ingin konektor putus, jangan gunakan terlalu banyak tenaga.

Cara Memasang Hard Disk Di Komputer (mudah Dan Cepat)

Ini menyelesaikan penginstalan hard disk di kasing komputer. Namun, menggunakan hard drive untuk menyimpan file memerlukan pemrosesan yang lebih sedikit. Untuk melakukannya, hidupkan komputer seperti biasa dan masuk ke BIOS/UEFI. Setelah menyalakan komputer, Anda dapat mengakses BIOS/UEFI dengan menekan tombol DEL atau F2. Biasanya komputer Anda akan menampilkan tulisan “Tekan DEL untuk masuk ke setup”. Beberapa merek motherboard menggunakan metode yang berbeda. Jadi, jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat membaca manual motherboard Anda untuk mengetahui cara melakukannya.

Di BIOS, masuk ke menu yang berisi pengaturan SATA untuk melihat semua hard drive yang terhubung ke sistem. Jika hard drive Anda terpasang dengan benar, itu akan muncul di bagian menu ini. Jika tidak, sebaiknya matikan kembali komputer dan pastikan semua kabel terhubung dengan benar. Jika masih tidak muncul, coba sambungkan kabel SATA ke port SATA lain di motherboard.

Nah, untuk memastikan Windows sudah berhasil membaca harddisk, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memformat dan mempartisi harddisk.Harddisk merupakan salah satu komponen terpenting pada komputer desktop atau laptop. Komponen ini menyimpan sistem operasi yang dibutuhkan komputer untuk dijalankan. Apalagi bagi mereka yang sering menginstal banyak game dan program, tentunya harddisk berkapasitas besar semakin dibutuhkan.

Namun, tidak semua komputer pribadi, terutama laptop, memiliki drive berkapasitas besar. Dalam beberapa kasus, meskipun belum rusak, Anda mungkin perlu mengganti hard drive dengan yang dapat menyimpan lebih banyak data. Atau, yang lebih penting untuk saat ini, penggunaan memori jauh lebih tinggi saat membaca.

Pengertian Hardisk Eksternal

Jika ya, tentunya ada beberapa alasan bagus untuk mengganti hard drive internal Anda dengan yang eksternal, lalu menggantinya dengan hard drive atau SSD yang lebih cepat untuk performa gaming yang lebih baik. Jadi, untuk melakukan ini, inilah yang harus dipertimbangkan dan bagaimana caranya:

Sebelum mengganti hard drive internal dengan hard drive eksternal, periksa kompatibilitas hard drive internal. Pastikan harddisk Anda tidak rusak agar data yang disimpan nantinya tidak rusak dan hilang.

Cara ini sangat sederhana, cukup buka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi hardisk yang digunakan sebagai hardisk eksternal. Kemudian pilih menu “Properties” dan klik tab “Tools”. Klik opsi Periksa di bagian Pemeriksaan Kesalahan.

Alat ini memindai kesalahan pada hard drive Anda. Jika tidak ada pesan error setelah scan, berarti harddisk Anda memang layak digunakan sebagai harddisk eksternal.

Ugreen Hdd Enclosure, Hardisk Internal Laptop Menjadi External

Ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Jika file penting yang ingin Anda cadangkan berukuran kecil, Anda dapat menyalinnya ke flash drive atau mengunggahnya ke Google Drive, One Drive, DropBox, atau media lainnya.

Jika filenya besar, Anda dapat membakarnya ke DVD menggunakan pembakar DVD. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki DVD-RW.

Langkah ini hanyalah tindakan pencegahan: proses mengganti hard drive internal Anda dengan yang eksternal sebenarnya tidak menghapus data apa pun di hard drive Anda. Namun, lebih baik aman daripada menyesal.

Kandang adalah wadah yang digunakan untuk menampung hard drive eksternal. Kasing biasanya terbuat dari plastik atau logam, dan hard drive dapat dihubungkan ke komputer atau laptop menggunakan slot USB 3.0.

Cara Memperbaiki/mengatasi Hard Disk Tidak Terbaca

Hard drive internal komputer berukuran 3,5 inci dan juga harus dipasang di casing berukuran 3,5 inci. Selain itu, ada hard drive laptop 2,5 inci khusus. Sangat mudah untuk membedakan kedua mesin tersebut. Versi 3,5 inci memiliki kabel tambahan untuk dihubungkan ke stopkontak.

Perlindungan hard disk laptop, tentu saja, berukuran lebih kecil dan tidak memerlukan koneksi jaringan – ia menerima daya dari laptop atau komputer melalui koneksi USB. Perhatikan juga jenis hard drive (Parallel ATA atau Serial ATA) karena hal ini mempengaruhi jenis koneksi yang didukung enklosur.

Langkah selanjutnya sangat berisiko karena Anda harus memperbaiki bagian perangkat keras komputer atau laptop Anda. Namun, satu-satunya cara untuk mengganti hard drive internal dengan hard drive eksternal adalah dengan melepas hard drive tersebut.

Untuk komputer desktop, dalam beberapa situasi Anda perlu melepaskan sisi kiri atau kanan CPU dengan obeng. Ada juga kasing dengan tombol ekstraksi. Namun pada umumnya casing memiliki satu sekrup yang dapat dibuka dengan obeng.

Jual Sh8 Hdd 2.5 Jadi External Hardisk Hdd External 3.0 Converter Case High Speed Hdd Laptop Ssd To Hardisk External / 2.0 Pc 3.5

Lepas juga semua kabel yang terhubung ke stand komputer, terutama kabel power, untuk menghindari sengatan listrik atau listrik statis. Setelah membuka casing, coba cari lokasi pemasangan hard disk.

Jika Anda memiliki casing lama, Anda harus melepas sekrup yang terpasang pada braket hard drive. Sebagian besar casing saat ini memiliki tuas yang dapat diputar untuk melepas hard drive dengan mudah.

Lepaskan hard drive secara perlahan. Jangan menarik terlalu keras atau akan pecah. Selanjutnya, lepaskan semua kabel yang tersambung ke hard drive, seperti kabel IDE atau SATA dan konektor daya.

Ingatlah untuk berhati-hati saat memutuskan sambungan dan luangkan waktu Anda. Setelah hard drive dilepas dari casing dan kabel dilepas, hard drive internal siap diubah menjadi hard drive eksternal.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi Oleh Komputer

Untuk laptop, caranya tidak jauh berbeda. Pastikan laptop dimatikan dan cabut semua kabel seperti kabel USB dan charger. Jangan lupa melepas baterai dari laptop; biasanya kait yang dapat dilepas untuk membuka kompartemen baterai. Jika tidak, coba cari bantuan di manual laptop Anda.

Meskipun Anda telah melepas baterai, laptop mungkin masih menyimpan daya, yang dapat mengakibatkan sengatan listrik. Harap tekan tombol daya selama 15 detik untuk menghilangkan sisa daya.

Selanjutnya lepas harddisk yang biasanya terletak di bagian bawah laptop menggunakan obeng. Hati-hati dengan proses ini karena tidak semua model laptop memiliki lokasi hard drive yang sama. Jika ragu, Anda dapat merujuk ke manual atau meminta ahli untuk melepas hard drive.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan hard drive ke dalam case, tergantung pada jenis hard drive. Jika Anda memiliki hard drive ATA paralel, Anda perlu menyambungkan kabel IDE dan konektor daya pada sasis ke hard drive.

Hardisk Hdd Internal Eksternal Komputer Pc 3,5 Inch 250gb Wd Blue Baru

Jika ini adalah model SATA, yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan hard drive ke port SATA yang tersedia pada casing seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Juga perlu diingat bahwa model dan merek casing yang berbeda memiliki cara yang berbeda untuk mengamankan hard drive.

Dalam hal ini, harddisk lama tidak akan terbuang sia-sia, karena harddisk masih memiliki ruang tambahan untuk menyimpan beragam koleksi film, acara TV atau bahan mentah.

Kamu bisa mengikuti Google News PagiBro.com agar kamu tidak ketinggalan informasi menarik dari kami untuk seterusnya secara gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *