Melakukan tugas secara manual di Excel bisa merepotkan, tetapi untungnya, aplikasi Microsoft Office ini menawarkan beberapa fitur yang dapat membantu Anda mengotomatiskan tugas yang panjang dan membosankan.

Salah satu fitur tersebut adalah makro, yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan perintah yang terkait dengan tugas yang Anda lakukan secara teratur. Anda kemudian dapat menjalankan makro untuk mengulangi tindakan yang ingin Anda lakukan. Dalam panduan ini, kita akan melihat lebih dekat fitur ini dan cara mengaktifkannya untuk digunakan.


Apa itu makro di Excel?

Excel dikenal untuk mengotomatisasi tugas-tugas rumit, dan makro adalah salah satu dari banyak komponen Excel yang membawa otomatisasi ke tingkat berikutnya. Anda dapat mengotomatiskan tugas berulang seperti menghitung bonus kinerja karyawan Anda di akhir setiap bulan.

Namun, meskipun ini mungkin terdengar nyaman, makro cukup berisiko. Menjalankan kode berbahaya (biasanya yang tidak Anda buat sendiri) dapat menginfeksi seluruh sistem operasi dan hard drive Anda, yang dapat menyebabkan masalah serius.

Selanjutnya, kita akan melihat cara untuk mengaktifkan makro dengan aman. Sebagai aturan umum, Anda hanya boleh mengaktifkan makro yang telah Anda tinjau secara menyeluruh dan yakin aman.

Cara mengaktifkan makro di Excel

Di Excel, makro dapat diaktifkan untuk file dengan cukup mudah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat perubahan di Pusat Kepercayaan Excel.

1. Aktifkan makro di Windows

Jika Anda pengguna Windows, berikut cara mengaktifkan makro dan mulai menggunakannya:

  1. Di Excel, klik prosiding dan pilih Pilihan dari panel kiri.
  2. Untuk memilih menyesuaikan pita di panel kiri dan centang kotak pengembang di bagian Tab Utama.
  3. Setelah selesai, kembali ke kotak dialog Opsi Excel dan pilih Pusat Kepercayaan dari panel kiri.
  4. Klik Pengaturan Pusat Kepercayaan.
  5. sekarang pilih Pengaturan Makro dan pilih Aktifkan semua makro (tidak disarankan – kode yang berpotensi berbahaya dapat dieksekusi) pilihan di panel kanan.
  6. Klik baik untuk menyimpan perubahan.

Jika Anda bingung tentang opsi mana yang harus dipilih saat mengaktifkan makro, berikut penjelasan singkat tentang arti semua opsi:

  • Nonaktifkan semua makro tanpa pemberitahuan—baik makro dan peringatan keamanan terkait dinonaktifkan.
  • Nonaktifkan semua makro dengan notifikasi—makro akan dinonaktifkan secara default dan Anda akan diberi tahu jika ada yang diaktifkan. Dengan fitur ini, Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan makro dalam kasus tertentu.
  • Nonaktifkan semua makro kecuali makro yang ditandatangani secara digital—hanya makro yang ditandatangani oleh penerbit tepercaya yang diizinkan berjalan.
  • Aktifkan semua makro (tidak disarankan, kode yang berpotensi berbahaya dapat dieksekusi)—semua makro dapat berjalan dan Anda tidak akan mendapatkan peringatan keamanan sebelumnya.

Setelah ini selesai, saatnya untuk mulai merekam makro. Prosesnya mirip dengan menggunakan makro di Word. Untuk itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kembali ke file Excel Anda dan pergi ke pengembang tab.
  2. Klik merekam makro.
  3. Dalam dialog berikutnya, masukkan nama untuk makro, pilih tombol pintasan, dan pilih lokasi. Klik baik untuk menyimpan perubahan.
  4. Anda sekarang siap untuk mulai merekam perintah. Setelah semua perintah telah direkam, pilih berhenti merekam.


2. Aktifkan makro di Mac

Proses untuk mengaktifkan makro di Mac sedikit berbeda dari langkah-langkah yang kami lalui di atas. Anda dapat merujuk ke artikel ini untuk mengaktifkan makro di Excel di Mac.

Setelah Anda mengaktifkan makro di macOS, Anda dapat merekam makro secara manual atau menggunakan kode VBA untuk tujuan ini.

Cara mengaktifkan makro untuk sesi

Mungkin ada kasus di mana Anda memiliki file yang ingin Anda jalankan makronya hanya selama Anda menggunakannya. Jika Anda tidak memerlukan file di masa mendatang, Anda dapat mengaktifkan makro untuk satu sesi. Ini adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  1. Di Excel, pilih prosiding di panel atas dan pilih Informasi.
  2. Perluas opsi Peringatan Keamanan dan pilih konten yang tersedia.
  3. Klik Opsi Lanjutan.
  4. Pada kotak dialog berikutnya, klik tombol Aktifkan konten untuk sesi ini opsi untuk mengaktifkannya dan tekan baik.

Ini harus berhasil mengaktifkan makro untuk sesi saat ini.

Cara mengaktifkan makro untuk file tertentu

Jika Anda ingin mengaktifkan makro hanya untuk file atau buku kerja individual, maka menggunakan tampilan Office Backstage adalah cara termudah untuk melakukannya. Ini adalah bagaimana Anda dapat melakukannya:

  1. Dengan buku kerja Excel terbuka, klik prosiding di panel atas.
  2. Pilih Informasi di jendela berikutnya.
  3. Perluas opsi Peringatan Keamanan dan pilih Aktifkan semua konten.

Ini harus melakukan trik untuk Anda. Jika Anda menemukan metode ini rumit, Anda juga dapat mengklik peringatan keamanan kuning di buku kerja yang mengatakan “Makro telah dinonaktifkan”. Klik pada konten yang tersedia tombol yang terkait dengan pesan, dan pada dialog berikutnya, klik aktifkan makro.

Cara mengaktifkan makro di lokasi tepercaya secara permanen

Cara lain untuk mengaktifkan makro guna memastikan keamanan adalah dengan memilih lokasi tepercaya dalam sistem operasi dan memanipulasi Excel untuk hanya memercayai lokasi tersebut.

Ini berarti bahwa hanya file yang terletak di lokasi yang dipilih yang akan diluncurkan dengan makro yang sudah diaktifkan. Anda juga tidak akan menerima peringatan keamanan saat membuka file-file ini.

  1. Di Excel, klik prosiding dan pilih Pilihan dari panel kiri.
  2. Pilih Pusat Kepercayaan dalam dialog berikutnya.
  3. Klik Pengaturan Pusat Kepercayaan.
  4. Pilih Lokasi Tepercaya di panel kiri dan klik tambahkan lokasi baru tombol di sisi kanan jendela.
  5. Pada kotak dialog berikutnya, klik tombol Jelajahi dan pilih lokasi sesuai dengan preferensi Anda.
  6. Setelah Anda memilih lokasi, centang kotak yang terkait dengan Subfolder di lokasi ini juga tepercaya.
  7. Masukkan deskripsi di bidang teks di bawah Deskripsi dan klik baik untuk menyimpan perubahan.

Otomatiskan tugas sibuk dengan makro

Seperti fitur Excel lainnya, makro juga tampak menakutkan untuk diaktifkan dan digunakan pada awalnya, tetapi bukan itu masalahnya. Dengan metode yang telah kami sebutkan di atas, Anda dapat memulai dan menjalankannya hanya dalam beberapa menit!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *