Cara Memilih Hdd Untuk Upgrade Laptop – Pada artikel kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman memasang dua drive sekaligus yaitu SSD dan HDD di sebuah laptop. Jadi untuk meningkatkan kinerja laptop, saya hanya ingin mengupgrade RAM. Namun, setelah sedikit informasi tentang cara mengupgrade kinerja laptop, ada tiga opsi yang bisa dilakukan, yaitu mengupgrade RAM, mengganti SSD, atau keduanya. Kemudian saya memutuskan untuk mengganti HDD dengan SSD. Lalu bagaimana dengan HDDnya? Apa itu SSD?

SSD adalah Solid State Drive. SSD memiliki fungsi yang sama dengan hard disk drive (HDD). Namun, SSD menggunakan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data. Saya tidak lagi menggunakan drive sebagai HDD. Dimensi SSD didesain sama dengan dimensi harddisk laptop. Misalnya kita bisa mengganti HDD laptop dengan SSD, sama seperti kita mengganti HDD dengan HDD.

Cara Memilih Hdd Untuk Upgrade Laptop

Apakah ini satu-satunya hal yang membedakan SSD dari HDD? Tentu saja tidak. SSD memiliki banyak keunggulan. Ini adalah kelebihan SSD dibandingkan HDD.

Mengapa Editor Perlu Upgrade Hardisk Ke Ssd?

Karena SSD mahal, saya hanya membeli kapasitas 120 GB. Jadi saya masih membutuhkan HDD sebagai penyimpanan data. Memutuskan untuk menggunakan SSD daripada HDD, saya juga memiliki 2 opsi, yaitu:

Laptop berbeda dari komputer dalam hal mereka dapat diinstal dengan lebih dari satu hard drive. Oleh karena itu, ada yang harus dikorbankan untuk memasang SSD dan HDD di laptop, yaitu DVD-ROM. DVD-ROM mirip dengan HDD yang terhubung ke motherboard melalui port SATA. Oleh karena itu, HDD dapat dipasang di port SATA pada slot DVD-ROM. Perangkat yang digunakan untuk mengamankan hard drive ke slot DVD-ROM disebut caddy. Formatnya sama dengan DVD-ROM.

Caddy adalah wadah yang digunakan sebagai konverter untuk menghubungkan harddisk laptop ke slot DVD-ROM. Caddy dirancang sebagai DVD-ROM. Bentuk dan penempatan lubang baut untuk lock mounting dan cross section untuk outer rim cover. Caddy biasanya datang dalam 2 ketebalan, 9.5mm dan 12.5mm. Format ini mengikuti ketebalan DVD-ROM laptop. Jadi, sebelum membeli caddy, periksa ketebalan DVD-ROM laptop. Sehingga caddy yang dibeli bisa dilampirkan ke laptop.

Dengan cara ini, SSD dipasang di slot utama HDD dan digunakan sebagai tempat untuk menginstal sistem operasi. Sedangkan HDD dimasukkan ke dalam slot DVD-ROM. Dapat digunakan sebagai instalasi sistem operasi kedua dan penyimpanan data, atau hanya sebagai tempat untuk menyimpan data.

Tidak Perlu Instal Ulang! Berikut Cara Mudah Upgrade Hardisk Ke Ssd

Laptop yang akan dipasang SSD dan HDD adalah Asus X454Y. Slot RAM hanya dapat diakses dari bawah. Jadi ya, Anda harus melepas casing atas untuk mengakses slot HDD dan DVD-ROM.

Saat ini laptop telah beralih dari HDD ke SSD. Langkah selanjutnya adalah memasang harddisk pada laptop. Karena SSD dipasang di slot HDD, HDD harus dipasang di tempat lain. Bagian laptop yang bisa disambungkan ke HDD adalah slot DVD-ROM. Seperti halnya slot HDD, slot ini juga menggunakan port SATA. Kami menghubungkan HDD ke laptop menggunakan Caddy.

Selama HDD di Caddy terpasang di slot DVD-ROM, SSD dan HDD akan terdeteksi saat laptop dihidupkan. SSDnya kosong. Sistem operasi Windows berjalan dari HDD.

Setelah SSD dan HDD terpasang penuh di laptop, ada 2 skenario sistem operasi (OS) yang bisa dipilih yaitu menggunakan 2 OS dalam satu laptop atau menggunakan 1 OS saja. Berikut sedikit ulasan saya setelah mencoba 2 skenario ini.

Upgrade Laptop Lama Agar Bisa Seperti Laptop Baru

Laptopnya berfungsi normal. Anda dapat memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan saat startup. Awal yang mulus. Tidak bisa tidur dan hibernasi. Saat laptop masuk ke mode sleep atau hibernasi, laptop terpaksa dimatikan. HDD berbunyi seolah-olah laptop tiba-tiba mati.

Dalam skenario ini, HDD berfungsi penuh sebagai penyimpanan. Sistem operasi berjalan pada SSD. Laptop no-wow saat dicolokkan dan digunakan. Mode Tidur dan Hibernasi dinonaktifkan (pematian paksa). Namun, karena pengaturan yang salah atau sesuatu yang lain, laptop tidak dapat direstart. Saat restart, laptop akan dipaksa untuk dimatikan.

Saya mencari solusi untuk hambatan ini. Ternyata masalah ini juga dialami banyak pengguna sejak beberapa tahun lalu. Saya akhirnya menemukan solusi. Banyak artikel web dan video YouTube menyatakan bahwa masalah shutdown laptop dapat diselesaikan dengan membalik sakelar Caddy.

Untuk mengatasi masalah pematian paksa saat reboot, hibernasi, atau hibernasi, Anda perlu menggeser sakelar caddy. Saklar memiliki 3 posisi, kiri, tengah dan kanan. Nah, beberapa pengguna mengatakan bahwa sakelar harus berada pada posisi yang benar agar tidak ada masalah dengan pematian paksa. Namun, ada beberapa pengguna yang berhasil mengatasi masalah ini dengan menggeser tombol di tengah.

Manakah Yang Harus Saya Upgrade Agar Performa Pc Menjadi Lebih Baik?

Kegagalan. Hehe… Cara ini tidak work di laptop Asus X454Y yang saya pakai. Bagaimana akhirnya? Akhirnya, saya melepas HDD dan meletakkan DVD-ROM di tempatnya. Saya hanya menggunakan SSD. Sementara itu, hard drive saya terhubung ke penutup hard drive dan bertindak sebagai hard drive eksternal.

Saat ini saya hanya menggunakan SSD di laptop saya. Shutdown paksa tidak baik untuk kesehatan hard drive, ini memperpendek umur hard drive. Jadi ya, saya telah memberikan partisi kecil di laptop saya sebagai tempat untuk menyimpan data yang saya gunakan saat ini. Saya menyimpan sisa HDD, yang telah diubah menjadi HDD eksternal.

Sebagai catatan, di atas adalah masalah yang terjadi pada laptop saya. Dan berdasarkan banyak artikel, video, dan komentar di artikel dan pemirsa video, banyak pengguna SSD + HDD melakukannya dengan baik.

Itulah sedikit pengalaman yang saya miliki saat memasang SSD dan HDD di laptop. Meskipun pada akhirnya harddisk harus mengalah dan tinggal di harddisk eksternal. Jika Anda memiliki umpan balik, komentar atau pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung. Semoga bermanfaat Jika Anda memiliki laptop yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, atau jika kebutuhan akan media penyimpanan untuk laptop Anda terus bertambah. Maka saatnya untuk mengganti hard drive laptop Anda. Untuk laptop lama, performa hardisk tidak sama seperti saat pertama kali membelinya, seperti yang saya alami pada laptop berumur 8 tahun, hardisk mulai berbunyi bip dan tidak mau masuk ke Windows. Saya akhirnya mengganti hard drive laptop saya dengan hard drive baru. Disini saya akan membagikan cara atau langkah-langkah mengganti hardisk laptop.

Bongkar Laptop Gaming Acer Nitro 5 An 515 55 (2020), Upgrade Hdd/ssd M.2, Ram, Dan Ganti Baterai

A: Hardisk yang anda beli dalam kondisi baru, RAW atau belum diformat, jadi anda perlu me-mount partisi terlebih dahulu, caranya buka Disk Management, dan ketika muncul jendela Initialize Disk, pilih MBR dan tekan OK.

A: Ini karena posisi pertama dalam pengaturan BIOS adalah hard drive lama Anda, jika Anda langsung memasukkan hard drive baru (partisi tidak aktif), maka akan segera terjadi bahwa BIOS tidak akan menemukan MBR yang baru. harddisk, sehingga muncul error sebagai berikut.

A: Untuk hardisk yang bagus, usahakan untuk membeli hardisk yang original dan bukan rekondisi jika Anda akan menggunakannya sebagai media penyimpanan utama laptop Anda. Biasanya ORI atau hardisk resmi bergaransi 2 tahun atau lebih, hardisk remanufaktur hanya 1 tahun. Setelah itu serial number/SN hardisk ORI bisa dicek di website resminya untuk mengetahui masa garansi. Pada hard drive yang diperbaiki, nomor serinya palsu, sehingga tidak dapat diperiksa di situs web resmi pabrikan. Anda dapat menemukan prosedurnya di artikel saya tentang cara membedakan antara hard drive ORI dan hard drive rekondisi di sini. Untuk kompatibilitas atau tidak, jika Anda menggunakan konektor antarmuka yang sama yaitu SATA 3.0/III, kompatibilitas dijamin, kecuali konektor antarmuka berbeda, dapat diminta dari penjual terlebih dahulu untuk memastikan kompatibilitas.

T: Mengapa hard drive baru saya mengeluarkan suara “letak” pada interval tertentu saat idle (tidak digunakan)?

Cara Mudah Membuat Harddisk Internal Jadi Eksternal

A: Inilah yang saya alami dengan Seagate Barracuda yang saya beli. Suaranya mirip hardisk rusak ternyata part APM (Advanced Power Management) Windows 10 yang bisa melakukan part ini secara otomatis secara default di media penyimpanan berbasis SATA. Ini adalah suara head hardisk yang sedang diparkir (parkir dan unparking), kemudian suara gerinda atau decitan saat hardisk laptop Anda dalam keadaan idle atau tidak aktif digunakan. Namun jika posisinya “diduduki” atau tidak digunakan, suara tersebut menghilang. Fitur ini sangat mengkhawatirkan saya, jika ada pembaruan dari Microsoft mengenai fitur ini, saya akan memperbaruinya di artikel ini. Menguji Acer E5-475G dan E5-476G

Panduan lengkap tentang cara memilih, membeli SSD M.2 dan beralih ke OS Windows tanpa menginstal ulang: Acer E5-475G dan E5-476G diuji

Bagaimana cara membeli dan memilih SSD M.2 yang tepat untuk laptop dan PC? Mengapa harga SSD mahal, meskipun kapasitas penyimpanan rendah. Juga, apa manfaat menggunakan SSD dan bagaimana cara mentransfer OS Windows dari hard drive C ke SSD tanpa harus menginstal ulang? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Panduan Lengkap Cara Memilih, Membeli SSD M.2 Dan Beralih Ke OS Windows Tanpa Menginstal Ulang: Acer E5-475g Dan E5-476G Diuji

Cara Memilih Laptop Gaming Berkualitas

Apa keuntungan menggunakan SSD? Itu mahal! Belum lagi kapasitas penyimpanannya juga kecil, isinya juga dipenuhi beberapa blue film. Hmm.. Sama, artinya kita sama. Itulah yang admin pikirkan pada awalnya. Pikirkan saja ukuran SSD baik itu 2.5in dalam bentuk standar atau M.2 dengan kapasitas terkecil 120GB dengan harga yang luar biasa dari Rs 700,00. Belum lagi kapasitas 256 GB akan mencapai angka 1,4 juta.

Bayangkan Anda telah membeli hard drive dengan harga ini

Cara memilih laptop yang bagus untuk mahasiswa, cara upgrade hdd ke ssd laptop, upgrade laptop hdd ke ssd, cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar, harga upgrade hdd laptop, cara memilih laptop untuk pelajar, cara memilih hdd caddy, cara memilih ram yang cocok untuk laptop, cara memilih laptop yang bagus untuk kerja, cara memilih ram untuk upgrade laptop, upgrade hdd laptop, cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *